Home » My Story » Panenjoan Hill ( Bukit Panenjoan ) Purwakarta

Panenjoan Hill ( Bukit Panenjoan ) Purwakarta

Bismillahirrahmanirrahim.

Rekreasi atau berjalan-jalan ke tempat wisata saat ini merupakan sebuah kebutuhan tambahan, apalagi untuk saya yang bekerja penuh dari Senin – Jumat di pabrik. Rekreasi itu diperlukan untuk sekedar me-refresh otak agar lebih semangat lagi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Begitu banyak tempat rekreasi alam saat ini yang dibuka perseorangan maupun group komersil yang ditujukan untuk para pencari tempat untuk ber-swafoto. Kebutuhan untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus untuk di upload ke akun media sosial pribadi.

Berniat untuk berekreasi, akhirnya memutuskan untuk mencari tempat rekreasi yang tidak jauh dari tempat saya tinggal di Bekasi. Purwakarta pun akhirnya menjadi “Target Operasi” . Bermodalkan hasil googling, akhirnya mendapat rekomendasi tempat bernama Panenjoan Hill ( Bukit Panenjoan ). Akhirnya saya dan beberapa teman istri menuju ke sana.

Berjalan cukup jauh dari Purwakarta kota, letaknya hampir 2 jam perjalanan dari Kota Purwakarta. Berada di perbukitan Purwakarta yang berbatasan dengan Bandung, jalan menuju ke sana berliku mirip jalanan di Puncak Bogor.

Setelah sekian lama perjalanan menggunakan mobil. Akhirnya kami pun tiba di parkiran mobil. Semula kami tidak yakin jika tempat ini adalah tempat wisata. Karena ketika masuk ke parkiran mobil, tampak seperti perkebunan/peternakan milik seseorang. Ternyata ketika sampai di parkiran, tukang parkir memberitahu bahwa area jembatan untuk ber-swafoto masih harus berjalan kaki lagi sejauh 200meter.

Kami pun mulai berjalan menuju tempat yang disebut “Jembatan” oleh warga-warga sekitar, berjalan di tengah kebun teh. Ternyata tempat ini adalah perkebunan/peternakan milik seseorang, yang kemudian dikomersilkan dengan dibuat wisata untuk ber-swafoto di tebing. Karena keindahan pemandangan yang ada di ujung tebing tersebut.

Setelah berjalan ditengah kebun teh sejauh 200meter, akhirnya terdapat gapura bertuliskan selamat datang. Akhirnya kami pun sampai di tempat tersebut, ternyata yang disebut “Jembatan” oleh warga sekitar adalah jembatan buatan yang digunakan untuk berfoto di ujung tebing, untuk mendapatkan background foto seolah-olah berada di ujung tebing tersebut.

Sebuah tempat rekreasi buatan yang saat ini mulai banyak dibuat, ditengah tuntutan orang untuk berpamer foto di sosial media. Maka tempat-tempat Instagramable ini mulai banyak dibuat. Hanya dengan membayar Rp. 5000,- kita sudah dapat ber-swafoto sepuasnya di tempat tersebut.

Background pemandangannya memang sangat indah. Tinggal kita sebagai wisatawan harus menjaga tempat tersebut, agar terus dapat digunakan. Tidak hanya naik daun ketika sedang viral saja.

Semoga ke depannya juga ada perbaikan dan pengembangan lagi di tempat tersebut. Karena hanya swa-foto saja yang dapat kami nikmati. Masih belum sebanding dengan lamanya perjalanan menuju tempat tersebut menurut saya pribadi.

Demikian kisah perjalanan saya di Panenjoan Hill ( Bukit Panenjoan ) . Yang dikelola oleh swasta/pribadi. Semoga para pembaca juga dapat menikmati tempat tersebut di lain waktu.

Silakan dibagikan:

2 thoughts on “Panenjoan Hill ( Bukit Panenjoan ) Purwakarta”

  1. Hello ,

    I saw your tweets and thought I will check your website. Have to say it looks really nice!
    I’m also interested in this topic + have recently started my journey as young entrepreneur.

    I’m also looking for the ways on how to promote my website. I have tried AdSense and Facebok Ads, however it is getting very expensive.
    Can you recommend something what works best for you?

    Would appreciate, if you can have a quick look at my website and give me an advice what I should improve: https://janzac.com/
    (Recently I have added a new page about Rockwall Investments and the way how normal people can make money with this company.)

    I have subscribed to your newsletter. 🙂

    Hope to hear from you soon.

    P.S.
    Maybe I will add link to your website on my website and you will add link to my website on your website? It will improve SEO of our websites, right? What do you think?

    Regards
    Jan Zac

    Reply
    • Hello,

      Thank you for visiting my website, I already quick check your website. Your website is very responsive. Very good, maybe you can try local advertising the cost is lower than facebook or google ads.

      Or you can try Instagram ads.

      Yes of course by ad my website link on your website can improve SEO. Thank you.
      I will add your link in my website too.

      Regards,
      Septyan

      Reply

Leave a Comment