Home » My Story » Mudik Lebaran 2019

Mudik Lebaran 2019

Bismillahirrahnanirrahim.

Mudik Lebaran adalah sebuah tradisi unik yang tiap tahunnya dilakukan. Entah darimana tradisi ini berawal. Tidak hanya Indonesia, tradisi mudik ini juga ada di negara-negara berkembang lainnya seperti India dan Bangladesh.

Seperti yang biasanya dilakukan. Tahun ini pun saya sekeluarga melakukan tradisi Mudik Lebaran. Mudik kali ini juga terasa spesial, karena sudah ditemani Istri tercinta. Pertama kalinya bagi ia merasakan mudik lebaran ke Jawa Tengah.

Berangkat pada pukul 14.30, kami memulai perjalanan dari Bekasi menuju kota Purwokerto. Biasanya ditempuh dalam waktu 8 hingga 10 jam perjalanan normal. Prediksi kami adalah jalanan padat sehingga dapat memakan waktu di perjalanan hingga 12 jam. Kami pun sudah mempersiapkan bekal yang banyak di perjalanan.

Memasuki tol Bekasi Timur, saya terheran karena jalan tol yang biasa saya lewati terlihat lengang. Hari itu adalah hari Jum’at 31 Mei 2019. Jalanan terasa lengang sekali. Diisi dengan kendaraan roda empat yang “berkonde” menuju arah Jawa Tengah.

Sistem “One Way” pun diberlakukan di Gerbang Tol Cikampek Utama km 70 #TolJapek. Kondisi ini sangat membuat saya senang. Karena jalanan begitu lengang dan saya bisa memaksimalkan kecepatan kendaraan saya.

Jalanan yang lengang ini membuat banyak pengemudi membawa kendaraannya dengan lebih santai. Situasi seperti ini untuk saya sangat bagus. Karena para pengemudi menjadi tidak tergesa-gesa memacu kendaraannya.

Sangat baik pengaturan mudik kali ini, tidak terlihat banyak antrian kendaraan seperti biasanya. Ketika waktu berbuka pun saya sudah sampai di daerah Brebes. Biasanya tiba ditempat ini 5 jam perjalanan, kali ini ditempuh dengan hanya 3,5 jam saja. Sangat cepat, padahal laju kendaraan saya selama di tol hanya 80-100km/jam tidak pernah lebih. Kami pun berbuka di daerah Brebes tersebut.

Setelah beristirahat untuk berbuka, kami pun melanjutkan perjalanan menuju kota Purwokerto. Tidak terasa perjalanannya hanya ditempuh dengan waktu 1,5 jam saja. Sehingga kami sekeluarga pun bisa mampir untuk berwisata kuliner ke Soto terkenal di Jalan Bank Purwokerto. Siapa yang tidak kenal Soto di daerah ini.

Berikut ini pengalaman saya mencicipi kuline khas Purwokerto, yaitu Soto Jalan Bank H. Loso Purwokerto.

Silakan dibagikan:

1 thought on “Mudik Lebaran 2019”

Leave a Comment