Home » Artikel Islami » Mendoakan Kebaikan Untuk Pemimpin

Mendoakan Kebaikan Untuk Pemimpin

Oleh. Ustadz Abu Ubaidah as-Sidawi.

Kebaikan penguasa adalah idaman bagi setiap muslim, karena kebaikan penguasa adalah kebaikan bagi rakyat dan Negara.

Mendoakan kebaikan untuk pemimpin termasuk aqidah Ahlu Sunnah wal Jama’ah, amalan yang utama dan termasuk nasehat yang baik untuk mereka.

Fudhail bin Iyadh rahimahullah berkata :
“Andaikan aku punya doa yang mustajab niscaya akan aku panjatkan untuk penguasa”.
(Oleh Abu Nuaim dalam al-Hilyah 8/91).

Imam al-Barbahari rahimahullah berkata:
“Apabila engkau melihat orang yang mendoakan kejelekan bagi penguasa maka ketahuilah bahwa dia seorang pengikut hawa nafsu. Apabila engkau melihat orang yang mendoakan kebaikan bagi penguasa, maka dia adalah pengikut sunnah, insya Allah”.
(Syarhu Sunnah hal. 113).

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah mengatakan:
“Mendoakan kebaikan untuk pemimpin adalah amalan ketaatan yang paling utama dan mulia dan termasuk nasehat untuk Allah dan hambaNya”.
(Al -Maklum Minal Wajib Alaqoh Bainal Hakim wal Mahkum hlm. 21).

Syeikh Shalih Fauzan hafidzahullah mengatakan:
“Inilah madzhab Ahli Sunnah wal Jamaah. Adapun madzhab penyesat dan orang bodoh mereka menganggap bahwa ini adalah lembek dan cari muka penguasa sehingga tidak mendoakan kebaikan untuk para pemimpin.
Semangat kebaikan bukan dengan mendoakan keburukan pemimpin Namun mendoakan kebaikan jika engkau menginginkan kebaikan, karena Allah Maha Mampu untuk memberikan hidayah kepada pemimpin dan mengembalikan mereka ke jalan yang benar. Apakah engkau putus atas dari hidayah mereka?”.
(At-Ta’liqot Al-Mukhtashoroh ‘ala Aqidah Ath-Thohawiyyah hlm. 171-173).

Maka kami mengajak seluruh saudaraku untuk mendoakan kebaikan penguasa kita, karena kebaikan mereka adalah kebaikan rakyat juga.

Kami menyeru kepada seluruh khatib, da’I dan alim ulama, doakanlah kebaikan bagi para pemimpin, baik dalam khutbah jum’at, ceramah agama dan lain-lain karena hal itu termasuk sunnah yang telah banyak ditinggalkan.

[artikel number=4 tag=”aqidah”]

Silakan dibagikan:

1 thought on “Mendoakan Kebaikan Untuk Pemimpin”

Leave a Comment