Jangan Tolak Jenazah Saudaramu

Jangan Tolak Jenazah Saudaramu.

Oleh Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi.

Akhir-akhir ini, sering kita baca dan kita dengar adanya penolakan jenazah pasien covid-19 bahkan juga jenazah tenaga medis yang gugur setelah berjuang mengobati pasien covid-19.

Penolakan Bertentangan Dengan Norma Agama

Tentu miris hati kita mendengar berita tersebut, karena penolakan itu tentu saja bertentangan dengan norma-norma agama, diantaranya:

1. Hak Seorang Muslim Mengantar Jenazahnya

Termasuk hak seorang muslim adalah kita mengantar jenazahnya untuk mensholati dan menguburkannya. Lantas, kenapa kita justru malah menolak jenazah saudara kita? Bukankah itu salah satu bentuk kezaliman kepadanya? Apa alasan kita di hadapan Rabb kita untuk menolak jenazah tersebut?

Baca juga: Pemikiran yang Salah Tentang Virus Covid-19

2. Menyakiti Perasaan Keluarga Jenazah dan Kerabat Mayit

Bayangkan, jika yang meninggal tersebut adalah kerabat kita, keluarga kita, bagaimana perasaan kita ketika mayit keluarga kita tersebut ditolak bahkan diusir?! Bukankah menyakiti perasaan saudara kita termasuk dosa?!

Kami memahami bahwa masyarakat sekarang dalam kondisi panik dan kurang sosialisasi, mereka mengira bahwa penguburan itu akan menularkan dan membahayakan, padahal tidaklah demikian sama sekali, karena orang mati yang sudah dikubur tidak mungkin menularkan sebagaimana dalam ilmu medis, tentunya penguburan dengan protokol yang ditetapkan oleh pihak terkait dalam hal ini.

Solusi Agar Tidak Ada Penolakan Jenazah Lagi

Mengingat taraf pemahaman masyarakat yang bertingkat-tingkat mungkin solusinya yang paling jitu agar tidak ada penolakan lagi seperti itu adalah dua opsi berikut:

1. Peraturan Yang Tegas Dari Pemerintah

Peraturan tegas dari pemerintah pusat tentang larangan penolakan pemakaman jenazah pasien dan tenaga medis yang terkena covid sehingga penguburan dikawal Polisi atau TNI, siapa yang menolak akan berhadapan dengan hukum.

2. Pemerintah Daerah Menyiapkan Lahan Kuburan Khusus

Solusi yang kedua adalah pemerintah daerah menyiapkan lahan kuburan khusus untuk jenazah akibat covid -19. Tidak ada hak bagi masyarakat untuk menolak lagi.

Saudaraku, ingatlah bahwa semua kita pasti akan mati. Walau bukan karena covid-19 mungkin kita akan mati karena sebab-sebab lainnya. Bisa jadi saudara-saudara kita sesama muslim yg meninggal karena covid–19 diampuni dosa-dosanya oleh Allah dan diangkat derajatnya oleh Allah, sedangkan kita? Hanya Allah yang mengetahuinya.

Semoga Allah mengampuni kita semua.

Silakan dibagikan:

Leave a Comment