Home » Opini » Huawei Akan Dibolehkan Bisnis Dengan Perusahaan Amerika Lagi

Huawei Akan Dibolehkan Bisnis Dengan Perusahaan Amerika Lagi

Huawei Dibolehkan Menjalin Bisnis Kembali Dengan Perusahaan Amerika

Judul berita yang menggemparkan hari ini. Berita-berita tersebut muncul setelah Presiden Amerika Donald Trump berbicara dalam press conference di KTT G20 Osaka.

“Perusahaan Amerika boleh menjual barangnya ke Huawei” pernyataan Donald Trump tanpa menjelaskan detailnya. “Kita berbicara tentang peralatan, dimana tidak ada masalah besar atas kemanan nasional Amerika”. Trumps menambahkan. Belum jelas apa maksudnya untuk saat ini.

Ini tentu pernyataan yang sangat menggemparkan. Karena sebelumnya, Trumps memasukkan Huawei ke daftar hitam perusahaan China. Sehingga membuat perusahaan-perusahaan Amerika menghentikan bisnisnya dengan Huawei, salah satunya adalah Google yang menyetop dukungan Android untuk Huawei.

Baca juga: Perang Dagang AS vs China

Menurut Bloomberg, salah satu media Amerika mengatakan bahwa ada lobi dari para pembuat chip seperti Intel, Xilinx dan lain-lain kepada pemerintah Amerika untuk mengurangi pembatasan pada Huawei. Pada 2018, Huawei menghabiskan 11 juta dollar kepada perusahaan pembuat chip Amerika seperti Intel, Qualcomm dan Micron Alone.

Tetapi sampai saat ini, Huawei masih dalam daftar blacklist Amerika terhadap perusahaan China. Amerika dan China saat ini muncul untuk mencoba meredam perang dagang diantara mereka.

Tapi, akankah keadaan ini akan membuat Huawei seperti keadaan sebelumnya?

Apakah smartphone baru Huawei nanti akan kembali di support oleh Android selaku perusahaan operating system di bawah Google?

Tentunya bisa jika pemerintah Amerika mengeluarkan Huawei dari daftar hitam. Bisnis Huawei dengan perusahaan Amerika akan kembali normal seperti sebelumnya.

Untuk para pengguna smartphone Huawei pastinya ini menjadi angin segar. Apalagi jika Google kembali mendukung layanan Androidnya untuk Huawei. Android Q yang sebelumnya dijanjikan akan hadir di smartphone Huawei pun akan terlaksana. Apalagi Huawei sangat berambisi untuk mengalahkan Samsung di pasar Smartphone. Kita tunggu saja kelanjutan cerita perang dagang Amerika vs China yang semakin menarik.

Silakan dibagikan:

Leave a Comment