5 Serba-Serbi Malam Lailatul Qadar

5 Serba-Serbi Malam Lailatul Qadar

Mendekati 10 hari terakhir bulan Ramadhan kita, ada suatu malam yang lebih indah dari seribu bulan, yaitu malam lailatul qadar.

5 Serba-Serbi Malam Lailatul Qadar

1. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Mengistimewakan 10 Malam Terkahir Bulan Ramadhan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengistimewakan sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dengan mengerjakan berbagai amal ibadah yang intensitasnya tidak seperti bulan-bulan yang lain. Di saat itu beliau menghidupkan malam dengan ibadah. Boleh jadi beliau menghidupkan seluruh malam dengan ibadah atau menghidupkan sebagian besar waktu malam. Tentu pribadi sebagai seorang nabi lebih layak untuk dinyatakan bahwa beliau menghidupkan seluruh malam itu dengan ibadah.

2. Penamaan Malam Lailatul Qadar

Penamaan lailatul qadar berpijak pada alasan bahwa malam itu memiliki kemuliaan karena:

  1. Al-Quran diturunkan di saat itu;
  2. Banyak malaikat turun di saat itu;
  3. Berkat, rahmat, dan maghfirah turun di saat itu;
  4. Orang yang menghidupkan malam itu dengan ibadah akan mulia; atau
  5. Karena di saat itu ditetapkan takdir yang akan berlaku di tahun tersebut.

3. Amalan Untuk Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Menghidupkan lailatul qadar bisa dengan mengerjakan shalat, dzikir, do’a, membaca al-Qur’an, atau aktifitas ibadah dan kebajikan yang lain. Nilai aktifitas ibadah yang dikerjakan saat itu lebih baik daripada nilai aktifitas ibadah yang dikerjakan selama 1.000 bulan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menginformasikan bahwa lalilatul qadar berada di rentang 10 malam terakhir bulan Ramadhan dan lailatul qadar paling berpotensi terjadi di malam-malam ganjil.

4. Pendapat Alim Ulama Tentang Waktu Lailatul Qadar

al-Hafizh Ibnu Hajar telah menyebutkan sekitar 50 pendapat alim ulama terkait penentuan waktu lailatul qadar. Dalil menunjukkan bahwa lailatul qadar ini berpindah-pindah dan tidak selalu tetap pada satu malam tertentu. Ia bisa terjadi di malam ganjil, demikian pula bisa terjadi di malam genap.

5. Berita Palsu Tentang Waktu Terjadinya Lailatul Qadar

Perbuatan sebagian orang yang menyebarluaskan info dan kabar melalui medsos bahwa lailatul qadr tahun ini terjadi pada malam sekian adalah keliru karena dengan perbuatan itu tentu tak ada lagi hikmah kejadian lailatul qadr disembunyikan.

Kalau di balik penentuan lailatul qadr ada hikmah, tentu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan menginformasikan. Namun, hikmah itu terletak saat kejadian lailatul qadr disembunyikan seperti halnya waktu ijabah di hari Jum’at, yaitu agar setiap muslim memperbanyak amal ibadah dan kebajikan di waktu tersebut.

Doa Yang Dianjurkan Dibaca Ketika Malam Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU’ANNI

Artinya:

“Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–.”

Sumber:

Artikel: SeptyanWidianto.Web.ID

Baca juga:

Silakan dibagikan:

Leave a Comment